5 Trik Menjaga Luber Informasi di Social Media


Era social media sering membuat orang terlalu antusias berbagai banyak hal seputar hidupna di dunia maya. Terlebih lagi remaja. Dilaporkan oleh Comsumer Reports bahwa 52% user social media memosting informasi berisiko secara online. Sementara menurut McAfee, hanya 20% saja remaja yang menggunakan seting provasi di social media.
Bagaimana agar kita tidak terlalu mengekspos informasi pribadi di internet? Apa saja batasannya? Inilah yang kerap tidak dipahami oleh kebanyakan user, terutama remaja. Berikut ada beberapa tips yang bisa jadi acuan agar kita tak terlalu mengumbar informasi di social media:
  1. Berbagi hanya dengan teman sungguhan
Jika perlu berbagi informasi pribadi, pastikan Anda mengenalnya dengan baik. Berbagilah informasi hanya dengan teman yang sungguh-sungguh Anda kenal di dunia nyata, bukan seseorang yang belum pernah Anda temui atau bahkan kenal baik.
  1. Jangan gunakan aplikasi berbasis lokasi
Matikan layanan berbasis lokasi di ponsel Anda jika tidak diperlukan. Aplikasi ini membuat orang asing bisa dengan mudah mengetahui keberadaan Anda, dan mengintai Anda. Di Twitter pun tersedia fitur yang dapat membuat orang melacak Anda melalui koordinat tertentu. Pertimbangkan apakah aplikasi macam ini memang perlu?
  1. Selektif dengan instan sharing
Ada sejumlah fitur dimana user secara otomatis melakukan sharing informasi secara instan, baik itu di YouTube atau Spotify. Jangan aktifkan fitur ini, sebab tidak perlu semua orang tahu aktivitas online Anda. Selektiflah memilih siapa saja yang bisa mengakses informasi Anda dan yang tidak. Di Facebook pun tersedia fitur macam ini.
  1. Update seting secara regular
Aturlah reminder agar Anda meperbarui setting privasi di social media Anda, setidaknya tiga bulan sekali. Ini termasuk mengubah username dan password, agar para hacker tidak mudah menebaknya.
  1. Coba layanan yang memantau reputasi Anda
Ada sejumlah layanan yang dapat membantu memonitor reputasi Anda di dunia maya. Sebut saja BrandYourself yang dapat membantu Anda membuat sebuah laman yang menampilkan link-link mengenai diri Anda. Ada juga Reputation.com yang melakukan pemindaian mengenai reputasi online Anda, dan memberi tanda dimana diri Anda disebut. Cara lain adalah dengan membuat Google Alerts untuk nama Anda.
Happy social networking!

Sumber: dikutip dari Internet Sehat dari mashable.com
0 Comments and Thoughs for "5 Trik Menjaga Luber Informasi di Social Media"