7 Trik Ber-Wi-Fi dengan Aman


Kini mulai banyak layanan free Wi-Fi di mall, kafe, dan tempat publik lain. Sudah pasti kita tergoda untuk langsung terkoneksi, gratis gitu lho. Tapi jangan salah, ada juga risiko keamanannya.  Begitu terkoneksi ke Wi-Fi, artinya kita sudah membuka akses ke gadget kita sendiri. Kalau ada yang iseng memanfaatkan akses ini, maka bisa saja semua data kita disalahgunakan olehnya.  Misalnya, dia memakai alamat IP kita untuk mengakses situs berbahaya atau melakukan tindakan ilegal, nah jadi kita kan yang kena getahnya?

Sebenarnya kita bisa melindungi akses kita dengan mengubah beberapa setting di router wireless laptop kita. Berikut beberapa tips agar kita dapat ber-Wi-Fi-ria dengan aman.

1. Mengubah password admin router
Setiap router wireless punya password , sehingga membatasi akses. Tapi biasanya router punya password default. Password ini dapat kita ubah ke password buatan kita sendiri. Dengan demikian orang luar yang sama-sama terhubung dengan Wi-Fi yang sama dengan kita tidak bisa mengaksesnya.

2. Mengubah  Service Set Identifier (SSID) jaringan
SSID ini adalah nama jaringan kita.  Tiap perangkat di jaringan harus disetting ke SSID yang sama. SSID bisa terdiri dari 32 karakter , dan mengandung simbol. Laptop biasanya mempunyai SSID default dari router secara otomatis, dan sebaiknya diubah demi keamanan akses.

3. Meghilangkan broadcast SSID
Router wireless secara default akan mentransmisikan SSID kita setidaknya sekali dalam satu detik, sehingga perangkat wireless dapat mengidentifikasi dan memastikan tetap terhubung dengan jaringan Wi-Fi.  Transmisi ini dapat kita setting off, sehingga tidak terlalu terlihat oleh pihak luar.

4. Aktifkan enkripsi wireless
Secara default, lalu lintas wireless kita tidak dienkripsi, sehingga siapapun dapat  membacanya.  Coba aktifkan enkripsinya. Ada dua jenis enkripsi, yaitu WEP dan WPA.  Karena WEP adalah jenis yang sudah usang dan mudah ditembus, sebaiknya gunakan WPA.  Enkripsi harus dikonfigurasikan pada kedua router dan semua komputer di jaringan kita.

5. Aktifkan firewall router
Jika router kita memiliki firewall built-in, coba diaktifkan, sebab akan melindungi kita dari serangan.

6. Non aktifkan auto connect
Auto connect adalah default pada kebanyakan laptop yang membuat kita bisa langsung terkoneksi ke hot spot tanpa harus melakukan settingan. Padahal ini berbahaya lho, kita kan tidak tahu di jaringan apa kita terhubung. Maka sebaiknya di-off-kan saja.

7. Matikan laptop
Kadang kita kerap malas untuk melakukan shut down pada laptop, dan membiarkannya dalam posisi hibernate. Padahal pada posisi itu, laptop bisa saja terhubung dengan suatu jaringan tanpa kitasadari. Maka sebaiknya matikan betul-betul laptop kita, terutama saat dibawa ke area publik.

Sumber artikel: BBC / Sumber gambar: clipartof.com
0 Comments and Thoughs for "7 Trik Ber-Wi-Fi dengan Aman"