Rahasia Seo Paling Awal Paling Penting


Seo Sebuah kalimat yang sering terdengar dan terlihat dikalangan Blogger, baik itu blogger newbie seperti aku ini maupun di kalangan blogger-blogger mastah diluar sana.
Oh iya buat yang belum tau apa itu SEO. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimazion. SEO istilah yang digunakan untuk menyebut usaha-usaha yang dilakukan blogger dalam rangka membuat postingan / blognya bisa berada di halaman pencarian search engine seperti google selanjutnya berharap mendapatkan trafik dari search engine tersebut

Menanggapi SEO itu sendiri sebenarnya belum ada teori pasti yang bisa menjelaskan kita bagaimana 'SEO yang maksimal'. Yang ada dan sering kita lihat itu hanyalah tebakan-tebakan dan juga hasil dari eksperimen beberapa blogger dengan SEO dan caranya menempati posisi 1 di google. Bahkan ketika mengikuti seminar blogging bulan lalu "Blogger Nusantara 2011" di Sidoarjo salah satu pembicaranya ialah orang dari Google dan ketika ditanya tentang SEO dia yang notabene merupakan orang dalam dari Google bahkan tidak bisa menjawab / tidak mau menjawab pertanyaan tentang SEO (bagaimana cara blog bisa menempati posisi bagus di Google).

Hampir semua tujuan dari SEO ialah mencari trafik. Dengan SEO berharap mendapatkan trafik berjibun dalam waktu singkat itu ialah pemikiran yang salah. Seringkali ku pribadi mendapatkan pertanyaan seputar SEO. Mereka menanyakan "bagaimana Tips SEO itu?"
Secara teknis blogging memang ada jawaban yang bisa dipaparkan. Namun ketika ditanya tentang SEO aku hampir selalu memberi jawaban Tip SEO paling awal, paling ampuh, paling jitu dan paling gaptek itu = Berkomentar di blog lain (Blogwalking).

Blogwalking itu WAJIB sebelum belajar SEO
Yah, seperti yang dibilang diatas SEO itu tujuannya mencari trafik bukan ?. Untuk berusaha menempati posisi pertama di Google memerlukan waktu dan usaha yang lumayan. Para blogger terutama blogger yang masih baru kayak aku ini kebanyakan melupakan satu hal yang paling penting yaitu "blogwalking / berkomentar di Blog lain".

Seringkali aku melihat blogger yang salah kaprah ketika mengharapkan trafik yang datang ke blognya lalu dia   promo link blognya di Sosial media Facebook. 


Model-model Blogger Yang Mengharapkam Trafik dari FB
1. Blogger yang Hobby Nyebar Link "Terbaru"
Setiap ada postingan baru di blognya dia langsung sebar link di berbagai grup Fb / Page bahkan ada juga yang sampai sebar link di wall facebook orang lain.

2. Blogger yang sering minta saran terhadap blognya.
Blogger seperti ini secara pribadi aku lumayan sering menemuinya, Pertama gabung di page / grup Fb dia minta saran seputar blognya. Its Ok lah karena beru perkenalan memang wajar minta saran. Namun yang janggal ialah ketika minta saran itu dilakukan berulang kali kemudian hari. Sekali kali blogwalking duluan doooong atau juga bisa submit di portal berita yang memang diperuntukan untuk promo link blog kita seperti Ureport Vivanews ,lintasberita, infogue.

Lebih Baik Blogwalking
Dibandingkan model blogger yang mengharapkan trafik dari cara promo link di FB sebenarnya ada cara yang lebih etis dan lebih baik efeknya yaitu BLOGWALKING.

Blogwalking yang merupakan istilah lain dari mengunjungi blog orang lalu berkomentar di blog tersebut ialah sebuah kegiatan yang kubilang SEO paling awal dan paling penting. Untuk mempelajari SEO lebih baik rajin-rajinlah dulu mengunjungi blog orang lain aku yakin pasti banyak pengalaman yang didapat. Selain itu juga kalau bisa kurangilah promo-promo Link di FB. Walau sebenarnya Fb bisa dijadikan ladang trafik namun promolah dengan etis. Promo link blog di FB yang paling etis menurutku ialah dengan cara promo di profil sendiri (lewat update status / note / grup dan Page pribadi) bukan dengan selalu ngirim link di Grup Umum / Page Publik.

Ingin Blognya dikunjungi ?
Jadi apakah sobat ingin mempelajari SEO ? 
sebelum itu pertama-tama blogwalkinglah dulu dan belajar mengunjungi blog orang lain duluan lalu berkenalan / silaturahmi. Dari sana secara natural bisa saja kita mendapatkan kenalan blogger baru yang akan loyal terhadap blog kita menjadi pengunjung setia blog kita (subcriber). Jika ingin dikunjungin orang lain mulailah dengan mengunjungi orang lain, terlebih kalau kita masih baru.

Dari sering blogwalking maka lama-kelamaan blog kita akan terSEO dengan natural. Baik dari Backlink yang tertinggal ketika kita berkomentar maupun dari kunjungan-kunjungan ke link yang kita tinggalkan di blog lain.

0 Comments and Thoughs for "Rahasia Seo Paling Awal Paling Penting"