4 Cara Memilih Firewall yang Tepat

Dengan semua data penting tersimpan di komputer, sudah wajib rasanya setiap user menggunakan software antivirus. Salah satu perlindungan yang bisa diandalkan adalah software firewall.

Apa itu software firewall? Ini adalah software yang berfungsi sebagai alarm keamanan bagi jaringan komputer. Software ini memfilter hanya konten tertentu saja yang bisa menembus jaringan komputer. Selain itu firewall juga memberi peringatan pada user, dan bertindak langsung jika ada pihak yang ingin menyusup.

Saat ini ada banyak jenis firewall yang ditawarkan. Bagaimana memilih software firewall yang tepat? Ada beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan:
  1. Firewall yang lengkap berisi sejumlah tool untuk memanajemen spyware, cookies dan viruse. Fitur lain biasanya adalah filtering terhadap konten tertentu, serta mampu menyimpan alamat IP dan browser saat surfing di internet.
  2. Fitur tambahan lain adalah disertai dengan tool antiphishing, antivirus dan antimalware tools. Tidak ketinggalan juga program parental controls dan pelindung pesan instan.
  3. Pastikan software tersebut mudah diintsal, digunakan, dan punya layanan pendukung.
  4. Pastikan software firewall itu dapat berjalan di sistem operasi komputer Anda. Misalnya jika Anda memakai Linux, carilah firewall yang bisa berjalan di Linux, juga Windows atau Mac.
Jika butuh referensi lebih lengkap, bisa didapat di TopTenREVIEWS. Silakan mulai memilah-milah software firewall mana yang tepat untuk Anda.

Sumber artikel: securitynewsdaily.com / Sumber gambar: shadactivity.blogspot.com
0 Comments and Thoughs for "4 Cara Memilih Firewall yang Tepat"